Sisi Negative Dan Positif Menjadi Freelance Sebelum Anda Memutuskannya

Dewasa ini, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Tingkat kelulusan yang tinggi yang mengakibatkan persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi semakin sulit. Sebagian dari mereka memilih untuk menjadi freelancer untuk memenuhi kebutuhan mereka sebelum mereka benar-benar terjun ke dunia pekerjaan yang sesungguhnya.

Menjadi freelancer bisa dilakukan oleh siapapun asal mereka mau melakukannya. Ada beberapa sisi negatif dan juga positif menjadi freelance. Berikut tips menjadi freelance yang harus dipahami sehingga bisa menikmati pekerjaan yang satu ini tanpa terbebani hal apapun.

Bekerja sebagai freelancer ini memang menawarkan berbagai kebebasan yang bisa dikerjakan oleh freelancer itu sendiri. Akan tetapi pekerjaan freelance ini juga tetap memiliki resiko yang terkadang lebih besar kerugiannya dibanding keuntungannya.

Tips menjadi freelance dalam menghadapi ini semua tergantung dengan pribadi masing-masing apakah mereka mampu menghadapi kerugian pekerjaan freelance ataukah tidak. Jika dirasa tidak mampu lebih baik tidak usah mengambil pekerjaan paruh waktu ini karena pekerjaan ini hanyalah untuk orang yang memang mampu bekerja dibawah tekanan diri mereka sendiri.

Keuntungan menjadi freelancer

1 ) Waktunya fleksible

Seorang freelancer bukanlah orang yang bekerja hanya dengan satu instansi bahkan bisa lebih dari satu instanti. Selain itu juga waktu pengerjaan ini tidak terpaku pada aturan sebuah instansi. Tips menjadi freelance yang satu ini memberikan keuntungan bagi para freelancer. Freelancer bebas menentukan waktu untuk mengerjakan ketika kita menjadi freelancer.

2 ) Dapat bekerja di beberapa pekerjaan sekaligus

Keuntungan tips menjadi freelance yang kedua ini adalah bisa bekerja di beberapa pekerjaan. Dalam hal ini, pekerjaan freelance juga tidak terikat pada satu perusahaan. Kita bisa mengambil beberapa pekerjaan yang memang menurut kita, kita mampu melakukan tugas tersebut. ini memiliki Konsekuensi yang kita dapat adalah dari diri kita sendiri bagaimana cara kita mengontrol semua pekerjaan freelance agar selesai sesuai perjanjian yang sudah disepakati kedua belah pihak.

Kerugian menjadi freelancer

1 ) Pekerjaan yang tidak menentu

Beberapa tips menjadi freelance ini adalah salah satu kerugian yang di dapat oleh freelancer. Menjadi freelancer ini bukanlah pekerjaan yang menetap seperti kita bekerja pada satu perusahaan yang mana kita dituntut untuk bertanggung jawab atas satu pekerjaan yang diberikan. Freelancer ini bisa mendapatkan tugas sewaktu-waktu dan tidak terjadwal seperti karyawan pada umumnya.

Pekerjaan freelance ini tidak secara rutin bisa didapat. Hal ini mempengaruhi pendapatan freelancer yang tidak menentu setiap bulannya. Terkadang freelancer mendapatkan gaji kecil dengan pekerjaan yang berat. Sehingga usaha yang kita lakukan tidak sebanding dengan apa yang diberikan kepada kita.

2 ) Jam kerja terkadang melebihi jam kerja

Tips menjadi freelance selanjutnya adalah jam kerja yang didapat. Selain bukan sebagai pegawai yang tetap, pekerjaan freelance ini terkadang melebihi jam kerja seorang karyawan kantor. Bisa saja seorang freelancer begadang untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan yang harus segera ia selesaikan sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak.

3 ) Tidak mendapatkan jaminan

Berbeda dengan seorang karyawan kantoran yang mendapatkan beberapa jaminan seperti jaminan kesehatan. Sebagi freelancer sebaiknya kita memilih pekerjaan yang menurut kita bisa kita kerjakan saat kita bosan dengan waktu luang kita dan juga harus membatasi pekerjaan yang berlebihan yang mengakibatkan kita terlalu sibuk dan lupa menjaga kesehatan.

Hal ini untuk mencegah terjadinya keadaan yang tidak kita inginkan yang mana jika kita sakit, biaya yang akan dikeluarkan bisa saja lebih besar dari apa yang sudah kita dapatkan dari pekerjaan freelance. Tips menjadi freelance yang terakhir ini dapat membantu kalian mempertimbangkan semua konsekuensi untuk menjadi freelance.

Deskripsi : tips menjadi freelance memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri bagi pelakunya. Hal ini tergantung bagaimana kita menghadapi resiko yang akan terjadi.