Cara Ganti HDD Internal PS3 dan Backup Data HDD

Cara Ganti HDD Internal PS3 – Game konsol PS3 memang mendukung banyak permainan yang bisa dijalankan menggunakan HDD, kadang ada saja masalah yang terjadi saat memainkan game tersebut seperti kapasitas HDD habis atau ingin diganti dengan HDD baru karena yang lama sudah tidak terbaca.

Jika ingin mengganti HDD tersebut tidak perlu mendatangkan teknisi untuk datang agar lebih hemat karena dengan usaha sendiri bisa mengganti kapasitas HDD dengan yang baru.

Memang PS3 sendiri mendukung kapasitas sampai 500 GB yang juga bisa ditambahkan dengan menggunakan kabel, namun pada beberapa game hanya bisa dijalankan melalui internal saja. Berikut ini akan ada beberapa langkah mudah untuk mengganti internal HDD dan cara backup datanya yang mudah dan aman.

Sebaiknya siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan seperti obeng, HDD baru, flashdisk dengan kapasitas yang cukup besar, dan beberapa alat pendukung lainnya. Cara yang akan diberikan di bawah ini memang tergolong lebih mudah dari yang lainnya ditambah sangat aman untuk digunakan bagi pemula sekalipun.

Cara Ganti HDD Internal PS3 dan Cara Backup dengan Aman

cara-ganti-hdd-internal-ps3-2

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membackup data agar nantinya ketika terjadi hal yang tidak diinginkan akan dapat me-restorenya kembali atau setidaknya data yang tersimpan aman.
  2. Siapkan flashdisk atau HDD dengan kapasitas yang cukup besar kemudian masuk ke menu PS3 lalu pilih System Setting
  3. Pada menu tersebut akan ada pilihan backup System, kemudian pilih backup, nantinya akan melakukan proses sendiri, hanya tinggal ditunggu saja sampai prosesnya selesai.
  4. Jika tidak terdeteksi kemungkinan format flashdisk tersebut tidak berformat fat32 karena yang disarankan adalah format tersebut agar mudah dikenali.
  5. Jika sudah selesai dengan backup tersebut segera matikan PS3 dan melepas sambungan kabel yang menempel.
  6. Pada bagian kiri terdapat kotakan tempat HDD tersebut, hanya perlu melepas dan mengeluarkan HDD PS3, jika susah mengeluarkannya ada pengait yang berguna untuk mempermudah ketika menarik HDD tersebut dari dalam PS3
  7. Lepas HDD dan ganti dengan yang baru (sisihkan baut pada tempat yang sudah disediakan agar tidak hilang ketika dipasang kembali.
  8. Setelah selesai bisa dikembalikan seperti semula dan menyalakan ulang PS3
  9. Nantinya sistem dari PS3 akan menyuruh Anda memformat HDD yang baru terdeteksi tersebut, tinggal tunggu sampai selesai.
  10. Jika tidak ada kendala maka proses instal HDD baru sudah selesai, tinggal dilanjutkan dengan restore data ke dalam HDD tersebut.
  11. Pasang kembali flashdisk kemudian masuk ke System PS3, lalu masuk ke backup System, selanjutnya pilih restore, tunggu hingga selesai dan akhirnya HDD baru siap digunakan kembali seperti biasa.

Kini Anda bisa bermain kembali menggunakan perangkat yang baru, apabila terjadi kerusakan sebaiknya analisa dahulu apa kira-kira yang menyebabkan kerusakan tersebut agar tidak terburu-buru menganggapnya sebagai barang rusak.

Cara ganti HDD internal PS3 sebetulnya tidak membuat kondisi PS3 Anda menjadi tidak bisa digunakan kecuali ada kesalahan kerusakan alat sebelumnya.

Beberapa langkah mudah untuk cara ganti HDD internal PS3 tersebut bisa Anda jalankan sendiri karena sangat mudah. Tidak perlu menyewa jasa teknisi selama Anda mengikuti langkahnya tidak akan terhindar dari masalah yang terjadi.

Beberapa kali dilakukan cara tersebut terbukti aman dan belum ada kendala yang terjadi. Untuk tips dan trik lain bisa melihat update yang kami berikan setiap hari yang mungkin berguna untuk Anda gunakan.